• banner 1
  • banner 2
  • banner 3
  • banner 4

BPTP GORONTALO SUKSES GELAR PANEN PERDANA DESA POOWO BARAT, KABILA, BONE BOLANGO.

Read 37080 times
Published in Info Aktual

Acara panen perdana dan temu lapang akselerasi pencepatan peningkatan produksi melalui pendampingan kawasan pangan nasional sukses dilaksanakan oleh BPTP Gorontalo pada hari senin, 15 Agustus 2016. Panen Perdana tersebut dilaksanakan pada sore hari bertempat di perbatasan desa Iloheluma-Poowo Barat, Kabila, Bone Bolango.

Dalam Acara Tersebut Hadir SKPD terkait diantaranya Dinas Pertanian Kabupaten, BP4K Bone Bolango, Danramil, Camat Kabila serta Bupati Bone Bolango.

Acara dimulai panen padi secara simbolis yang dilanjutkan dengan panen menggunakan mesin combine harvester. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan sambutan.

Sambutan pertama dari kepala dinas pertanian Bone Bolango, dalam uraiannya beliau menekankan pentingnya penggunaan teknologi mekanisasi untuk percepatan peningkatan produksi pangan nasional, selain teknologi kekompakan juga menjadi bagian utama untuk mendukung produksi, kekompakan yang dimaksud yakni penanaman secara serentak untuk mengantisipasi siklus hama dan penyakit berkelanjutan serta memutus rantai perkembangannya selain itu, sumber irigasi yang ada saat ini memudahkan petani untuk dapat menggunakan air apabila melakukan penanaman secara bersamaan.

Selanjutnya, sambutan dari Ka. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian yang diwakili oleh Ka. Seksi Pelayanan Pengkajian. Dalam sambutannya, beliau memaparkan peran strategis dan komitmen BPTP Gorontalo sebagai perpanjangan tangan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian untuk ikut berperan serta membantu menerapkan inovasi teknologi pertanian di daerah. BPTP Gorontalo senantiasa melakukan pengkajian, pendampingan serta diseminasi teknologi spesifik lokasi yang merupakan hasil-hasil penelitian dari para peneliti di Badan Litbang Pertanian.

Sambutan terakhir adalah bupati Bone Bolango “Hamim Pou, S.Kom, MH”, dalam uraiannya, beliau menekankan kekompakan dalam penanaman, serta perlu adanya inovasi untuk meningkatkan nilai jual produk yakni budidaya padi sawah organik sehingga Bone Bolango yang memiliki sawah dengan ukuran terbatas, mampu memperoleh hasil yang signifikan secara ekonomi.

Acara kemudian diakhiri dengan foto bersama Bupati.

 

Last modified on Monday, 17 April 2017 09:03
Admin BPTP

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Gorontalo

Balitbangtan - Kementerian Pertanian

1246 comments

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.


Kalender

« April 2021 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30