Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Forum Litbang/Katalog Online

Kalender Kegiatan

300 Teknologi Inovatif

Info Teknologi

Solusi Penanaman Padi Ladang di Musim Hujan Tidak Menentu.

article thumbnail

Varietas Situ Bagendit Varietas Situ Bagendit merupakan hasil persilangan antara varietas Batur dengan GalurS2823-7D-8-1-A. Penelitian di berbagai lokasi menunjukkan hasil varietas padi gogo ini rata [ ... ]


PENGOLAHAN HASIL SAMPING PENGGILINGAN PADI

PENGOLAHAN HASIL SAMPING PENGGILINGAN PADI Nova Maya Muhammad. BPTP Gorontalo   Dalam usaha penggilingan padi umumnya hanya diutamakan pada beras giling sebagai produk utama. Sementara hasil samp [ ... ]


PENGOLAHAN HASIL SAMPING PENGGILINGAN PADI

PENGOLAHAN HASIL SAMPING PENGGILINGAN PADI Nova Maya Muhammad. BPTP Gorontalo   Dalam usaha penggilingan padi umumnya hanya diutamakan pada beras giling sebagai produk utama. Sementara hasil samp [ ... ]


Budidaya Nilam

article thumbnail

Budidaya tanaman  Nilam kini mulai diminati petani di Gorontalo.  Komoditas yang satu ini telah diincar  petani karena prospek keuntungan yang menggiurkan. Dan bahkan telah diidentikkan dengan em [ ... ]


Teknologi Lainnya ..
Berita Cabai PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Rabu, 25 Januari 2017 15:01

BPTP – Balitbangtan Gorontalo Siap Dukung Gerakan Tanam Cabai Nasional

Sebagai tindak-lanjut perjanjian kerja sama antara Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian dan Tim Pembina PKK Pusat yang ditandatangani di Jakarta beberapa waktu yang lalu mengenai program ketahanan pangan berbasis pekarangan, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Gorontalo sebagai UPT Balitbangtan di Gorontalo sedang menyiapkan dukungan pengadaan bibit cabai dan sayuran lainnya untuk TP-PKK Provinsi Gorontalo.

Untuk itu, dalam waktu dekat  BPTP Gorontalo akan melaksanakan penandatangan perjanjian kerjasama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo terkait pendampingan inovasi teknologi optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan untuk ketahanan pagan keluarga. Kesiapan penandatangan perjanjian kerjasama tersebut telah dikomunikasikan melalui audiensi dengan TP PKK Prov Gorontalo yang diwakili Ketua Pokja III TP PKK Prov. Gorontalo, Ir. Silvana N. Bouta baru-baru ini. Sementara itu untuk mendukung kegiatan tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Informasi Jagung Prov. Gorontalo, Ir. Jusuf Giasi, MM menyatakan kesiapan instansinya untuk menjalin kerjasama trimitra dengan BPTP - Balitbangtan dan TP PKK Prov. Gorontalo.

Kepala BPTP Gorontalo, Ir. Hatta Muhammad, MSi kepada Gorontalo Post (25/01) mengemukakan kesiapan BPTP-Balitbangtan dalam menyediakan setidaknya 25.000 bibit tanaman cabai yang akan disebar melalui TP PKK secara bertahap hingga akhir Februari depan. Bibit cabai yang disiapkan tersebut merupakan tambahan mengingat Kementerian Pertanian juga akan memasok 10 juta bibit cabai melalui Direktorat Jenderal Hortikultura yang akan disebar ke seluruh tanah air.  Dipilihnya cabai sebagai tanaman hortikultura utama terkait posisi strategis cabai sebagai penyumbang inflasi dimana eskalasi harga cabai sangat krusial dan berimplikasi luas. Menurut Hatta, kelangkaan cabai di pasaran dewasa ini lebih dipengaruhi kondisi iklim di mana beberapa daerah sentra cabai di tanah air mengalami curah hujan di atas normal sehingga mengganggu fase reproduksi  dan hasil panen cabai. Badan Litbang Pertanian sebagai penyelia inovasi teknologi pertanian sebenarnya telah memiliki teknologi melawan musim (budidaya off-season) namun masih memerlukan diseminasi untuk diadopsi petani. Khusus untuk wilayah Gorontalo sebenarnya produksi cabai tergolong normal akan tetapi harga di tingkat pengumpul turut meningkat sebagai dampak psikologi pasar dan  melonjaknya permintaan dari luar daerah.

Gerakan tanam cabai dan tanaman sayur lainnya yang sedang digalakkan oleh pemerintah ini merupakan upaya mendukung ketahanan pangan keluarga dan mendorong masyarakat luas termasuk yang di perkotaan untuk akrab dengan budidaya tanaman (urban farming) sebagai penyangga kebutuhan pangan keluarga.

Selain kerjasama dengan TP PKK Provinsi Gorontalo dalam waktu dekat pula akan menjalin kerjasama dengan organisasi wanita lainnya seperti IWAPI, Persit KC dan Bhayangkari.  Sejauh ini,  BPTP-Balitbangtan Gorontalo telah menjalin kerjasama dengan Bhayangkari Polda Gorontalo sudah  sejak 2014 dalam kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL)

.

 

 
BPTP Gorontalo sukses gelar pelatihan pembuatan pakan mandiri hemat biaya. PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Administrator   
Kamis, 13 Oktober 2016 13:46

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Gorontalo sebagai perpanjangan tangan Kementrian Pertanian, memiliki peran utama untuk mendiseminasikan teknologi-teknologi pertanian hasil penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Salah satu teknologi yang menjadi bagian penting dalam bidang peternakan adalah Pakan Ternak.

Pakan adalah asupan yang diberikan kepada hewan ternak peliharaan yang merupakan sumber energi dan materi bagi pertumbuhan dan dan kehidupan ternak. Semakin bergizi suatu pakan, maka semakin baik pula untuk ternak peliharaan. Namun dalam pembuatannya orientasi tidak hanya sekedar membuat pakan yang memiliki nilai gizi yang baik tetapi juga harus mempertimbangkan bahan yang digunakan sebagai pakan tersebut. Semakin mudah diperoleh dengan proses yang semakin praktis, maka akan semakin baik untuk digunakan sebagai sumber pakan terlebih lagi apabila gizi yang disediakan oleh bahan tersebut cukup lengkap.

BPTP Gorontalo melaksanakan pelatihan pembuatan pakan mandiri yang secara ekonomi lebih hemat dan menguntungkan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari kamis, 13 Oktober 2016 berlokasi di SMK Negeri 1 Bone Raya. Kegiatan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dini kepada siswa-siswi SMK terkait teknologi-teknologi pertanian yang mudah, murah dan menguntungkan apabila diterapkan dengan baik.

Dalam kegiatan tersebut, BPTP Gorontalo tidak hanya memberikan bekal pengetahuan namun juga diberikan teknik praktis, fasilitas pakan dan DOC (Bibit ayam) yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk pihak sekolah.

Selain pelatihan dan fasilitas tersebut,Saat ini BPTP Gorontalo juga mendiseminasikan berbagai pelatihan tanpa pungutan biaya dengan persyaratan peserta harus datang langsung ke BPTP Gorontalo.

LAST_UPDATED2
 

SDM Profesional

Peneliti Madya
Zulkifli Mantau, S.Pi, M.Si menyelesaikan S2 pada Sekolah Pasca Sarjana Insitut Pertanian Bogor (IPB) pada jurusan Sosial Ekonomi Pertanian.
Joomla Templates by JoomlaVision.com